120 SISWA DIKLAPA KODIKLATAL ANGKATAN KE 26 LATTEK SEMINAR KAMLA

Rabu, 19/04/2017 13:03 WIB

 

Kodiklatal, (19/4)       

            Sebanyak 120 Siswa Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) Angkatan ke-26 TA 2017 yang tengah menempuh pendidikan di Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pendidikan  Operasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal menggelar Latihan Praktek (Lattek) Seminar Keamanan Laut (Kamla) dengan tema “Peran TNI AL dalam mewujudkan keamanan laut di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan perairan perbatasan guna mendukung kebijakan sebagai poros maritim dunia”

            Pembukaan Lattek seminar Kamla yang di laksanakan di Gedung Bellatrix Pusdiklapa Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut dipimpin langsung Komandan Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Aria Cakra WIbawa. Adapun Lattek seminar ini akan belangsung hingga tanggal 21 April mendatang.

            Dalam kesempatan tersebut Komandan Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Aria Cakra Wibawa menyampaikan dalam rangka mewujudkan program Presiden Joko Widodo tentang mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, ada beberapa program yang harus dikerjakan diantaranya penegakan kedaulatan Negara dan keamanan di laut serta terselenggaranya kelancaran distribusi logistik yang dibutuhkan dalam skala wilayah nasional Indonesia.  Pelaksanaan tugas ini diwujudkan oleh TNI AL melalui Operasi Keamanan Laut guna terciptanya kondisi perairan yang aman bagi kapal yang berlayar di wilayah perairan Indonesia khususnya perairan ALKI dan perairan perbatasan.

            Dalam rangka menjawab permasalahan tersebut diatas, Siswa Diklapa  Kodiklatal Angkatan ke-26 TA 2017 menyelenggarakan seminar guna merumuskan naskah untuk menjawab permasalahan tersebut. Seminar ini juga merupakan lattek  pelajaran seminar yang telah diterima oleh pasis sehingga mampu menyelenggarakan seminar sesuai prosedur. Dalam seminar ini juga dibahas bagaimana tentang dukungan logistik yang diperlukan guna mewujudkan kebijakan tersebut.

            Adapun pemrasaran dalam seminar dari Asops Pangarmatim tentang operasi kamla, Aslog Pangarmatim tentang dukungan logistik operasi, Asintel Pangarmatim tentang pengamanan perairan serta Kolonel Laut (KH) Bahrunsyah tentang hukum kemaritiman. Saat pembekalan oleh pemrasaran, notulen dan moderator ditunjuk dari siswa secara bergantian guna melatih peran aktif pasis.

 Disisi lain Komandan Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) selaku Palaklat, Letkol Laut (P) Wahyu Cahyono, ST., M.M. disela pelaksanaan seminar memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas terlaksanananya kegiatan seminar. Menurutnya dalam pelaksanaan seminar tersebut Pasis Diklapa dibagi menjadi 6 kelompok terdiri dari panitia penyelenggara, tim perumus dan 4 komisi. Tiap komisi akan merumuskan dan memaparkan naskah masing-masing kemudian akan diputuskan naskah mana yang terbaik menjadi produk final kegiatan seminar