KOMANDAN KODIKLATAL DIRLAT LATIHAN PPKM 2017

Kamis, 20/04/2017 17:50 WIB

 

Kodiklatal, (20/4).

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI I.G.Putu Wijamahaadi, S.H menjabat Direktur Latihan (Dirlat) dalam pelaksanaan Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) tahun 2017. Latihan PPKM tahun 2017, merupakan kegiatan Latihan pertama yang dilaksanakan oleh Kodiklatal setelah mengalami reorganisasi dari Kobangdikal menjadi Kodiklatal.

Latihan yang berlangsung selama lima hari sejak tanggal 17 April hingga 21 April tersebut dibuka langsung Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waasops Kasal) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si, mewakili Asops Kasal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E.

Adapun tema dalam pelaksanaan PPKM tahun 2017  yaitu “TNI Angkatan Laut melaksanakan Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) TA 2017 di wilayah Surabaya dalam rangka mendukung keberhasilan Operasi Gabungan TNI dan kampanye Militer.”

Latihan yang dipusatkan di gedung Kalimantan Pusat Latihan Elektronika dan Sistem Kendali Senjata (Puslatlekdalsen) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal tersebut diikuti 140 peserta dari berbagai Kotama TNI AL antara lain Kodiklatal, Koarmatim, Koarmabar, Pasmar I, Lantamal III Jakarta, Lantamal V Surabaya, Pusnerbal dan Lembaga Psikologi TNI AL.

Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Latihan tersebut adalah terbinanya kemampuan, pemahaman dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan militer (PPKM), terwujudnya kesamaan pola pikir dan pola tindak pada proses pengambilan keputusan militer pada operasi gabungan TNI dan kampanye militer,  selain itu terujinya Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/266/IV/2013 tanggal 5 April 2013 tentang buku petunjuk Pelaksanaan Proses PPKM pada perencanaan operasi Gabungan dan Kampanye militer. 

Pelaksanaan Latihan diawali dengan pembekalan dan penyegaran PPKM, penyegaran Operasi Gabungan, Opslagab, prosren opsfib, prosren opsratmin, dan penyegaran Opshantai. Latihan dilanjutkan dengan kegiatan gelada posko, untuk melaksanakan rangkaian kegiatan prosedur PPKM yang telah dituangkan dalam rencana latihan