DETASEMEN POLISI MILITER KODIKLATAL GELAR OPSGAKTIB

Selasa, 08/08/2017 12:02 WIB

Kodiklatal, (8/8).

 Dalam upaya menekan angka pelanggaran di lingkungan Prajurit Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Detasemen Polisi Militer (Denpomal) bersama Satuan Pengamanan (Satpam) Denmako Kodiklatal menggelar Operasi Penegakan dan Ketertiban (Opsgaktib) yang dipimpin langsung Komandan Denpomal Letkol Laut (PM) Totok Safaryanto, S.H. Operasi dengan sasaran pengguna kendaraan bermotor baik kendaraan dinas maupun kendaraan umum tersebut dilaksanakan di Jl. Bumimoro Kodiklatal.

Komandan Denpomal Kodiklatal Letkol Laut (PM) Totok Safaryanto, S.Hdisela-sela pelaksanaan Opsgaktib menyampaikan bahwa Operasi ini merupakan bentuk preventif terhadap pelanggaran lalulintas sekaligus meningkatkan disiplin Prajurit dan PNS Kodiklatal dalam berlalu-lintas, menghindari penyalahgunaan kendaraan tanpa surat resmi, serta untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara sehingga menunjang terlaksananya tugas pokok.

Adapun dalam Opsgaktib tersebut yang menjadi obyek pemeriksaan antara lain Surat Ijin Mengemudi (SIM) baik SIM umum untuk kendaraan umum dan SIM TNI untuk pemegang kendaraan dinas, pajak kendaraan bermotor untuk sepeda motor umum, Kartu Tanda Anggota TNI dan Kelengkapan kendaraan lainya seperti spion, lampu riting dan lampu sein.

Bagi prajurit yang kedapatan melanggar untuk selanjutnya diberi pembinaan, prajurit yang kedapatan SIM nya mati agar melaksanakan perpanjangan, sedangkan kendaraan bermotor yang tidak memenuhi standart baik spion, lampu riting dan lampu sein agar segera dilengkapi.