522PEMUDA IKUTI PENDIDIKAN PERTAMA TAMTAMA TNI ALDI KODIKLATAL

Senin, 09/10/2017 12:14 WIB

 

Kodiklatal, (9/10).

Sebanyak 522 orang pemuda yang baru lulus SLTA, mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke-37 Gelombang 2 TA. 2017 di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer(Puslatdiksarmil)Komando Pembinan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal). Adapun pembukaan pendidikan tersebut dipimpin langsung Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, S.H mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H., di Lapangan Dakota Puslatdiksarmil, Juanda, Sidoarjo.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, S.H menyampaikan ucapan selamat  atas  keberhasilan  para  siswa  yang  telah  masuk  Dikmata TNI AL  angkatan ke37 gelombang 2 TA. 2017. Menurutnya keberhasilan tersebut berkat kerja keras tanpa kenal lelah dan putus asa dalam berjuang melewati semua permasalahan yang dihadapi pada seleksi penerimaan calon siswa Dikmata, hal yang paling penting dengan keberhasilan tersebut adalah rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga berterima kasih kepada orang tua yang telah memberikan dukungan selama pelaksanaan seleksi. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa pendidikan ini secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 9 sampai 11 bulan yang terbagi dalam tigatahap. Tahap  pertama  selama  3 bulanpara siswa akan dilatih dasar-dasar keprajuritan,  diteruskanke tahap dasar golongan selama 2  bulan. Kedua program pendidikanini akan dilaksanakan di Puslatdiksarmil. Setelah  berhasil  menyelesaikan  tahap  tersebut, para siswa akandilantik dan  diambil  sumpah  menjadi  prajurit  TNI Angkatan Laut  dengan  pangkat  Kelasi  Dua  atau  Prajurit   Dua  Marinir. Kemudian akan mengikuti PendidikanTahap Dasar  Golongan  Lanjutan (Diksargolan) di  Pusdik-Pusdik  terkait  antara  4  sampai  6  bulan.

Orang nomor satu di Kodiklatal ini berharap agar para siswa menyiapkan fisik dan mental serta kesehatan masing-masing untuk menghadapi latihansecara intensif dan sistematis dengan tidak memandang waktu baik siang maupun malam. Hal ini dimaksudkan untuk mengubah pribadi  yang semula sebagai masyarakat umum menjadi prajurit matra lautyang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai prajurit TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas dalam pelaksanaan setiap tugas.