Komandan Puslatdiksarmil dan Puslatlekdalsen Kobangdikal Diserahterimakan

Kamis, 20/02/2014 15:30 WIB

Jabatan Komandan Pusat Latihan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) dan Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal)  diserahterimakan, Kamis, (20/2).

Komandan Puslatdiksarmil diserahterimakan Kolonel Marinir Suaf Yanu Hardani kepada Kolonel Marinir Amir Faisol, S.Sos, sementara itu  jabatan Komandan Puslatlekdalsen diserahkan Kolonel Laut (P) Maman Firmansyah kepada Komandan Kobangdikal.

Prosesi sertijab komandan dua Unsur Pelaksana di bawah Kobangdikal ini, dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Widodo, SE yang digelar dengan upacara militer di Lapangan Kawah Candradimuka, Puslatdiksarmil, Kobangdikal, Juanda.

Suaf –sapaan akrab pamen melati tiga di pundak kelahiran Grobogan, Jawa Tengah, 2 Januari 1966 dan Maman –Sapaan akrab Pria berdarah Sunda kelahiran Kuningan, 21 Pebruari 1967 ini, selanjutnya akan melanjutkan pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI.

Sedangkan Amir –sapaan akrab Komandan Puslatdiksarmil baru ini adalah putra kelahiran kota “Pudak” Gresik, 19Desember 1965 adalah alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-34tahun 1988. Baginya penempatan di Kobangdikal tidaklah asing, karena sebelumnya pernah beberapa kali menempat jabatan di lembaga pendidikan TNI AL ini.

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan militernya di AAL, Ia langsung ditempatkan di Kobangdikal (1988), Dan ton 1 Kie E Yonif 3 Brigif 1 Surabaya (1991), Dan Kie F Yonif 3 Brigif 1 (1994), Pasi 4 Yonif 3 (1995), Kasi Bek Slog Brigif 1 (1997), Pasi 2 Yonis 1 Brigif 1 (2000), Wadan Yonif 5 Pasmar-1 (2001), Kadepmat Pusdikmar Kodikal (2003), Dandenma Kodikal (2005), Danyonif 1 Pasmar-1 (2006), Dansepa Pusdikif Kodikmar Kobangdikal (2008), Aspers Pasmar 1 (2008), Kadisminpers Kormar (2009), Dan Brigif 1 Pasmar 1 (2010), Dankolatmar Kormar (2012), Sahli “F” Binpotnaskuatmar Koarmatim(2013) dan Komandan Puslatdiksarmil Kobangdikal (2014).

Sementara itu pendidikan militer yang telah ditempuh selama berdinas di TNI AL antara lain AAL Angkatan ke-34(1988), Suspaja (1989), Dikpasis Angkatan ke-1 (1989), Dikspespa Marinir Angkatan ke-5(1991), Diklapa II Kopur Angkatan ke-11(1997)dan Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) Angkatan ke-40 (2003).

Selama 26tahun pengabdiannya di TNI AL, pamen berkorps “Keris Samudera” ini telah mendapatkanbanyak penghargaan diantaranya Satiya Lancana  (SL) Kesetiaan VIII, SL Kesetiaan XVI, SL Dwidya Sistha,  SL Dwidya Sistha I, SL Dwidya Sistha II, SL Santi Dharma, SL Dharma Nusa dan The United Nations Medal PBB.

Menurut  Dankobangdikal, serah terima jabatan yang terkait dengan siklus penugasan tersebut memberi kesempatan dan peluang kepada personel terpilih agar dapat mengembangkan kemampuan profesi dan kepemimpinannya, terutama dalam rangka optimalisasi pengabdian bagi kepentingan organisasi, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi dinamika dan tantangan tugas ke depan yang menjadi tanggung-jawabnya.

Puslatdiksarmil sebagai unsur pelaksana di bawah Kobangdikal lanjutnya, bertugas membantu Dankobangdikal dalam mengkoordinir, mengendalikan, dan mengawasi sekolah-sekolah di bawah  Puslatdiksarmil dan   bertugas menyelenggarakan Pendidikan Dasar kemiliteran sesuai strata dan golongan .

  “Peran puslatdiksarmil dalam sistem pendidikan TNI, menjadi sangat penting karena  kualitas hasil didik yang dicapai akan menjadi pondasi yang sangat berpengaruh bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, pola  pendidikan dasar keprajuritan harus terus  dikembangkan  dan  ditingkatkan, termasuk  kualitas  tenaga  pendidiknya, “ terang Pati bintang dua dipundak tersebut.

Sedangkan Puslatlekdalsen merupakan jabatan strategis yang berfungsi sebagai tempat Latihan siswa dan prajurit Matra Laut di bidang elektronika, kendali senjata, alat navigasi, komunikasi dan alat kendali bidang permesinan.

Menurutnya, Keberhasialan organisasi bisa diukur dari adanya peningkatan sumber daya manusia yang profesional, hal ini tidak lepas dari pejabatnya sebagai Decision Maker yang memegang peran sentral dalam organisasi yang dibinanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Kobangdikal Kolonel Marinir Ivan A.R. Titus, SH, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Aswad SE, MM, para Komandan Kodik, para Direktur dan Komandan Sekolah di jajaran Kobangdikal.